Menu2

Program Bantu FET

Program bantu :


1. FET xml import to excel, merubah hasil pengacakan jadwal dari format xml ke excel. Untuk menggunakannya :
a.Buka file ini, aktifkan / enable-kan macronya.
b. Klik Go, kemudian buka file hasil pengacakan pada Fet Result Time Tables (berekstensi .fet).

Dengan cara ini tabel hasil pengacakan dapat lebih mudah diolah lagi sesuai dengan kebutuhan.
Ini merupakan cara alternatif dalam mengambil hasil pengacakan , disamping cara yang biasanya dengan membuka hasil pengacakan dengan Internet Explorer / Firefox  kemudian mengopinya ke Excel.  
 

untuk download hub : ekawaluya@gmail.com
2. CSV Maker, membantu memasukkan data dari excel ke FET dengan lebih cepat.
Memasukkan data kelas, guru, mata pelajaran, pembagian jam per guru merupakan tahapan dalam pembuatan jadwal yang membutuhkan banyak waktu karena harus memasukkan satu persatu. Dengan CSV maker  memasukkan data dapat dilakukan terlebih dahulu dengan excel. Karena biasanya data Kelas, Mapel, Nama guru dan pembagian jam mengajar biasanya menggunakan Excel. CSV Maker akan menghasilkan beberapa file baru dalam format *.csv . Yaitu student ...csv, building ....csv, teacher...csv, tag....csv, dan activity....csv. File ini dapat langsung di impor ke FET dengan cepat. 

 Untuk menjalankan CSV Maker
1. Buka File CSV Maker aktifkan / enable-kan macronya.
2. Isikan Kelas, Mapel telebih dahulu pada Sheet PJM, Isikan nama guru, Pilih mapelnya, Isikan jam perkelasnya nya. Untuk Versi Dual Kurikulum isikan DUR 2 atau 3. DUR 2 artinya 3 jam akan dibagi menjadi 2+ 1, 5 jam akan menjadi 2+2+1. DUR 3 artinya 3 jam durasinya tetap 3 jam, 5jam menjadi 3+2.

Klik Refresh (untuk Membersihkan ), Proses (hasil proses dapat dilihat pada tab tab lainnya, dapat dilakukan edit), kemudian Make CSV. File csv yang dihasilkan satu folder dengan CSV Maker berada. 

Untuk melakukan import 
1. Buka FET
2. Klik File Impor, Impor dibatasi koma, Impor Kelas ...., cari file student ....csv. OK. Impor kelas ini harus dilakukan terlebih dahulu, karena akan digunakan sebagai struktur data.
3. Klik File Impor, Impor dibatasi koma, Impor Kegiatan ..., cari file Activities ...csv. OK. Dengan dua langkah ini ternyata data Guru, Mapel, Kegiatan perguru dan tag sudah masuk semua. Jadi tidak perlu lagi mengimpor csv guru, ruang, mapel dll.


untuk download hub : ekawaluya@gmail.com
catatan :
pada versi kur 2013 Mapel dengan durasi 3 jam seperti seni budaya, PKn, Penjas dijadikan durasi satu kali pertemuan, jadi bukan lagi 2+1. Sedangkan durasi 5 jam seperti IPA di bagi menjadi 3 + 2, jadi bukan lagi 2+2+1 seperti versi terdahulu.
Yang jadi masalah penyusunan jadwal kurikulum 2103, umumnya siswa mulai pelajaran jam pertama dan pulang harus bersama sama jam ke delapan, Dengan durasi 3 jam untuk beberapa mapel khususnya di SMP jika harus dipenuhi durasi 3 jamnya,Secara teknis jadwal menjadi sulit, bahkan tidak mungkin disusun. sehingga solusinya yang dapat ditawarkan :
1. Mapel praktek seperti penjas dan Seni Budaya biarkan 3 jam , tetapi mapel dg  durasi 3 jam lainnya, PKn, Agama, dll  bersedia dipecah menjadi 2 + 1.  IPA 5 jam dibuat 2+2+1
2. Durasi tetap bisa 3 untuk mapel tertentu tetapi jam pulangnya siswa diperbolehkan tidak bersamaan.

salah satu harus dipilih agar jadwal dapat tersusun.


3. ESW Time tables ( baca lebih lanjut ).


Biasa saya gunakan untuk mengolah hasil dari FET Impor xml. Untuk membuat jadwal Umum, Jadwal Saku guru, dan jadwal Kelas. Maaf tidak dipublikasikan lagi karena terlalu ribet aplikasinya.