Menu2

VBA Excel untuk membuat Aplikasi Rapor Kurikulum 2013

Sistem penilaian dalam kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum  sebelumnya. Ranah penilaian harus muncul dalam penilaian , baik pengetahuan, Ketrampilan dan sikap sosial dan spiritual. Sangat indah teorinya : sangat detil nilainya masing masing ranah - tiga nilai tiap mapel, predikatnya mirip orang kuliah di perguruan tinggi, disamping itu masih disertai dengan deskripsi kemampuan KD  untuk tiap ranah dan tiap mata pelajaran . 
Lagi, penilaian hariannya, ngetop deh, di penilaian sikap, sumber nilainya harus lengkap empat sumber : Pengamatan Guru, Jurnal / catatan khusus siswa diluar pembelajaran, Penilaian teman dan penilaian diri sendiri.
Ranah Ketrampilan ngetop juga, portofolio, penilaian proyek dan tugas,Ranah Pengetahuan seperti biasa ulangan harian belum KKM remidi, sudah KKM Pengayaan .
itu baru penilaiannya oleh guru,

sekarang Rapornya WOW ... .
mungkin yang pernah buat - sekolah yang pernah jadi pilot proyek kur 2013 tahun kemarin - Rapor kelas 7 SMP kurang lebih 10 halaman kertas kuarto : 1 hal sampul rapor, 1 hal data sekolah, 1 hal Data diri, 1-2 hal daftar nilai angka dan huruf dan 6 hal deskripsi nilai WOW ......

meski repot sekali Rapor tetap harus dibuat dengan komputer. Beberapa cara yang biasa digunakan. Umumnya menggunkan mail mergenya Word dengan data di Excel. Saya lebih suka menggunakan excel saja dengan andalan utamanya fungsi VLOOKUP, ditambah tambah sedikit pemanis makro agar kelihatan agak profesional. hi hi hi .....

Cara kerjanya gini :
- Guru mapel pertama buat tabel daftar deskripsi 1 sampai 10, 4 saja boleh untuk masing masing ranah
- Guru buat daftar nilai dengan predikat cukup dengan kode saja. Sehingga lembar nilai disetor ke wali kelas cukup 1 lembar saja dilampiri daftar kode deskripsi.

Nah wali kelas memasukkan data-data itu ke aplikasi Rapor. Berikut ini contoh rapor yang tahun kemarin dengan dasar Permen no 81A / 2013, untuk contoh saja. Sekarang kan Permennya no 104/ 2014 jadi beda banyak pada konversi nilainya. Coba baca lagi perbedaan pemberian Predikat hurufnya , beda kan

.....
ini contoh aplikasinya yang SMP klik saja untuk download

    yang ini contoh untuk SMK klik saja untuk download

yang tahun ajaran 2014/2015 belum jadi , masih di utak atik lagi konversi predikatnya ,agar sesuai dengan permen 104 / 2014. Yang bisa utak atik silakan edit pada tab predikat.

Aplikasi ini dibuat  dengan VBA for Excel maka, Jangan lupa ketika setiap membuka file ini pada Scurity Warning , klik Option dan Enable this Contents. Nah tombolnya sekarang dapat berfungsi kan.






 

No comments:

Post a Comment